4 S Dalam Berkunjung

4 S Dalam Berkunjung

Hari libur waktu senggang, dan selesai beraktivitas, diisi dengan apa ya? Banyak pilihan salah satunya adalah berkunjung! Yah berkunjung memang tak identik dengan waktu luangmu. Boleh-boleh saja kunjungan dilakukan di waktu kapan pun yang tepat. Yah termasuk kunjungan blog atau kunjungan ke rumah orang terdekat tentunya hehe..
Manfaatnya banyak termasuk diantaranya pikiran bisa lebih fresh dan menambah erat hubungan dengan teman-teman di blog maupun teman di sekitar kita. Jangan lupa, kunjungan pun bisa menjadi ajang meraup pahala yang tak sedikit. Ingat juga kunjungan punya aturan dan etika yang mesti kita laksanakan. Agar kunjungan menjadi lebih berharga dan membuahkan pahala. Maka kita harus, apa saja?




1.Selektif

Selektiflah dalam memilih teman berkunjung. Tentu saja yang dimaksud bukan pilih-pilih yang kaya dan miskin. Namun kunjungan hendaknya dilakukan pada teman-teman yang shaleh, berakhlak indah dan memiliki adab-adab yang bagus. Karena mengunjungi mereka adalah faktor pendorong terbesar untuk melejitkan kualitas dan kuantitas peribadatan kita kepada Allah.

Kalau begitu, tidak bolehkah kita mengunjungi teman-teman yang belum bisa seperti di atas? Jawabnya: terkadang boleh namun perlu namun kadang tidak boleh. Boleh jika maksud dari kunjungan kita itu adalah untuk ta’liful qulub atau saling memberikan nasehat untuk kebaikan dan ketakwaan , atau memperingatkan dari kemaksiatan yang dilkukannya. Yang demikian, tidak hanya boleh namun bisa jadi perlu untuk selalu dilakukan. Sah pun berkunjung karena adanya keperluan duniawi yang perlu untuk diselesaikan. Adapun yang terlarang adalah berkunjung pada tempat yang jelek akhlaknya dan rusak akidahnya. Tidak mengingkari perkataan atau perbuatannya yang melecehkan Agama Allah, mengandung maksiat atau membicarakan aib orang lain.

2.Silaturahmi

Jadikan kunjungan kita bermuatan pahala, dengan menyambung silaturahmi pada kerabat atau saudara dekat. Lebih-lebih kunjungan yang kita lakukan kepada orang tua kandung kita., jika kita tidak serumah dengan orang tua (ngekos, mondok, ikut suami dll) kunjungan demikian layaknya jadi prioritas kita, yah termasuk kunjungan blog LINGKAR CINCIN he2. Aktivitas ini sangat terpuji karena mengandung pelaksanaan “perintah” Allah dan Rasul-Nya. NabiSAW bersabda.

“ Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berkata baik atau diam ” (Muttafaq alaih)

3.Santun

Menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat teman. Maka, beraktivitas diluar rumah Bila demikian kita harus memperhatikan adab-adab ke luar rumah. Seperti menutup aurat, tidak pantas juga berteriak-teriak, mengumbar tawa lepas di tempa-tempat umum khususnya bagi perempuan yang menurunkan citra kemuslimahan kita. Kemudian setelah sampai di tempat yang dituju kita juga harus memperhatikan etika-etikanya, yaitu:

 Mengetuk pintu dan salam sebanyak tiga kali dangan memberi tenggang antara satu ketukan dengan ketukan berikutnya. Mungkin saja tuan rumahnya bersiap-siap, membenahi pakaian yang dikenakan dsb. Jadi kita mesti sabar.

 Tidak memaksa dan menyelenong masuk begitu saja., jika memang tidak diizinkan oleh tuan rumah.

 Jangan berdiri tepat di depan rumah. Namun berdirilah disebelah kanan atau di sebelah kirinya. Maksudnya, kalau pintu terbuka pandangan kita tidak akan menatap sesuatu yang tidak layak di pandang di dalam rumah. Dengan begitu aurat pemilik rumah bisa terjaga.

 Menyebutkan nama dengan jelas ketika penghuni rumah bertanya siapa nama kita. Jangan menjawab saya atau temanmu dsb.

Nah begitu juga ketika berkunjung di alamat blog saudara, mesti santun dan berfokuslah kepada kesantunan.

4.Shalih/shaliha
Ketika ngobrol atau berbicara hendaklah memperhatikan etika yang diajarkan oleh Islam Jangan jadikan kunjungan tersebut menjadi ajang ngerumpi (ghibah), adu domba (namimah), serta berbicara dengan omongan yang tidak bermanfaat. Hati-hati karena perbuatan yang bersifat sepele ini besar resikonya, dan bisa mencelakakan kehidupan kita di akhirat. Kita mesti ingat bahwa setiap perkataan yang diucapkan ada yang mengawasi. Allah berfirman:

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. “ (Qs: Qaaf: 18)

Di samping berpotensi menyebabkan kebencian dan permusuhan di antara kaum muslimin, kita hendaknya ingat sabda Nabi Muhammad yang artinya,

Pintu-pintu langit dibuka setiap hari senin dan kamis. Maka Allah mengampuni dosa-dosa orang yang tidak menyekutukan-Nya, kecuali orang yang terdapat perselisihan dengan saudaranya. Hingga dikatakan, “ Lihatlah keadaan dua orang ini, sebanyak tiga kali sampai akhirnya keduanya berdamai.” (HR Muslim)

Niatkan kunjungan kita untuk mencapai Ridha Allah . Selipkan berbagai muatan dakwah dalam pembicaraan-pembicaraan santai kita, isilah untuk mengajak beribadah kepada Allah, meninggalkan berbagai macam kesyirikan, membuat amalan shaleh dsb. Selipan-selipan ringan ini dalam pembicaraan biasanya lebih mengena dan punya bekas yang mendalam, Wallahu alam, semoga Allah memberkati kita.

Bukan bermaksud menggurui sahabat-sahabat Lingkar cincin tapi sebagai sesama muslim kita wajib ber wata washo bil haq wa tawaso bis sobaar……
Ingat 4 S ketika hendak berkunjung ke tempat kerabat baik itu di rumah maupun alamat blog….

Wassalam

40 komentar:

  1. Blog anda direview oleh 7 taman langit tuh selamat ya

    BalasHapus
  2. Saya bookmark dulu yah article ini habis keren banget

    BalasHapus
  3. salam sobat
    trims sharing dan nasehatnya..
    akan saya usahakan dengan 4 S ini dalam bersilaturahmi ke semua sahabat.

    BalasHapus
  4. makasih pencerahannya mbak ...akan saya coba mengikuti nasehatnya....

    BalasHapus
  5. Subhanallah. Maha Benar Segala Firman-Nya.
    Artikel pencerahan yang luar biasa. Salam hangat.

    BalasHapus
  6. Postingan yang mantap nanda..
    Sukses selalu.

    BalasHapus
  7. hebat direview..!

    selamat sob! 4 S nya siap dilaksanakan!

    BalasHapus
  8. Kunjungang perdana ni Sob, salam kenal aja dulu dari blogger sangat pemula, mohon dukungan buat artikel terbaruku, salam blogger Surabaya.

    BalasHapus
  9. kita amalkan sama-sama 4S nya, Trim's sobat sudah berbagi tips silaturahmi yang keren!

    BalasHapus
  10. Sungguh Artikel yang bagus. Mohon save buat kehidupan sehari2.. Slam Knal ya..

    BalasHapus
  11. artikel yang sungguh memberikan infomasi... thanks sobat...

    BalasHapus
  12. berkunjung setelah dari 7 taman langit dengan menggunakan prinsip 4S

    BalasHapus
  13. salam kenal.. nice tips. bisa membuka wawasan....

    BalasHapus
  14. salam kenal.. nice tips. bisa membuka wawasan....

    BalasHapus
  15. salam kenal, ijin dilink ya. sebagai bahan pencerahan...
    terima kasih

    BalasHapus
  16. siap bos...
    ku kan coba smwa'y....
    ewako ogi...

    BalasHapus
  17. lohh perasaan saiia tadi nemu yg 'lingkar cincin' juga... hmmm...

    BalasHapus
  18. Hmmm, bener juga yah yang dibilang...
    Ada kalanya kita harus 4S...
    Makasih nih buat tipsnya :)
    Btw, kunjungan perdana nih, salam kenal :)

    BalasHapus
  19. penuh arti dan hikmah untuk direnungi bersama..

    BalasHapus
  20. jangan kita memutus tali silaturahmi, mari kita pererat lagi dengan saling blogwalking dan saling berkomentar. terima kasih atas pencerahannya mbak, semoga apa yg kita niatkan terkabul, amin

    BalasHapus
  21. Salam sukses selalu sumbangkan artikelnya yah di Blogger bumi Lasinrang

    BalasHapus
  22. Blog ini menunggu artikel bagus anda

    BalasHapus
  23. just simple word nice blog nephew

    BalasHapus
  24. Nice blog semoga kita semua bisa menerapkan ini

    BalasHapus
  25. Sip, kunjungan pagi nih blm smpt baca sampai habis, maav lain kali pasti saya akan kmbali.

    BalasHapus
  26. KITA SALING MENGINGATKAN.
    BLOG ANDA SILAU NKALAU DIBACA.

    BalasHapus
  27. renungan yg menyentuh. memang dalam berkunjung dan berteman itu harus hati2.

    BalasHapus
  28. dalam berkunjung antar blogger harus pake 4 S itu juga yaa :)

    BalasHapus
  29. Maaf, benar kata MZ Arifin, kolom komentar agak terlalu terang, hijaunya terlalu terang coba diredupkan sedikit pasti lebih enak dibaca!

    BalasHapus
  30. halooo gimana nih soal blognya? kalo ada informasi baru langsung beri tau aku ya?

    BalasHapus
  31. tulisannya bagus nih..salam kenal

    BalasHapus
  32. Salam sobat, datang mempererat silaturahmi... maaf baru mampir lagi... kesehatan memburuk baru membaik... Semoga selalu dalam kebahagiaan...

    Ninneta

    BalasHapus
  33. wah betul banget tuh... salam kenal

    BalasHapus
  34. Bagus banget postingannya. Mantap !

    BalasHapus
  35. tepat sekali 4s yang diajarkan di sini, thanks atas informasi yang informatif

    BalasHapus
  36. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

Berbicaralah dan menulislah,dengan semua pengindahan yang bisa Anda upayakan. Memang kita tidak tahu siapa yang akan membaca keindahan hati dan pikiran Kita, Tetapi yakinlah, bahwa Tuhan telah mendengar dan membaca keindahan hati dan pikiran Kita. Silahkan komentar..!!!!