"Sekali anda terjatuh, jangan jatuh untuk berkali-kali.."




"Orang yang paling mampu menguasai dirinya ialah yang paling mampu menguasai rahsianya."


"Tiap-tiap sesuatu, apabila banyak menjadi murah melainkan akal, bertambah banyak lagi berharga."


"Manusia tidak merancang untuk gagal, mereka gagal untuk merancang." ~ William J. Siegel


"Jangan sesekali menyalahkan kesilapan diri sendiri kepada orang lain kerana orang yang tidak mengakui kelemahan diri sukar untuk berjaya."


"Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya."


"Barangsiapa menanam, dia yang akan menuai.."


"Reputasi anda ialah apa yang orang lain fikirkan tentang diri anda; sikap peribadi anda ialah tingkah laku anda."


"Sifat peribadi yang kukuh adalah aset kita yang paling hebat kerana ia kuasa yang membolehkan kita berhadapan dengan kecemasan."


"Apa yang anda fikirkan mengenai diri anda, akan mempengaruhi diri anda sendiri."


"Jangan serahkan sesuatu yang penting seperti sifat peribadi anda kepada nasib."


"Teman manusia yang sebenar ialah akal dan musuhnya yang celaka ialah jahil."


"Memohon doa kepada Tuhan adalah laksana samudera yang dapat mencapai setiap sudut pantai keperluan hidup manusia."


"Jika kamu mendapat kesusahan, ingatlah menyimpan kesabaran." ~ Horatius


"Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang paling takut pada perubahan." ~ Mognon Me Lauhlin


"Rahsia untuk berjaya ialah menghormati orang lain.."


"Jika anda mahu membuat sesuatu, anda akan cari jalan. Jika anda tidak mahu membuat sesuatu, anda akan cari alasan." ~ Peribahasa Arab


"Sebuah pedang diketahui keampuhannya sesudah memotong."


"Kejayaan tidak datang kepada manusia yang leka." ~ Charles Cahier


"Permulaan sabar adalah pahit, tetapi manis akhirnya."


"Memang amat tinggi letaknya kebahagiaan. Namun kita harus menuju ke sana. Ada orang yang berputus asa berjalan ke arahnya lantaran disangkanya jalan ke sana amat sukar. Padahal mudah, kerana ia dimulai daripada dirinya sendiri." ~ Said Mustafa


"Setiap kali tersadung, ingatlah kita tidak mahu terjatuh lagi.."


"Jadikan sebagai aturan hidup untuk melakukan yang terbaik dalam apa jua yang dilakukan, pasti akan menghasil kecemerlangan."


"Menyimpang seinci, rugi seribu batu." ~ Peribahasa Cina


"Manusia tak akan tahu semua perkara, justeru tahu banyak perkara lebih baik dari tidak suka mengambil tahu walaupun satu perkara."


"Jika kamu berhasrat untuk berjaya, jangan hanya memandang ke tangga tetapi belajarlah untuk menaiki tangga tersebut."


"Ada dua cara seseorang itu tidak boleh berjaya iaitu orang yang hanya mengerjakan apa yang disuruh dan orang yang tidak mahu mengerjakan apa yang disuruh."


"Keberanian yang sebenar ibarat layang-layang. Sentakan angin yang menentangnya bukan melemparkannya ke bawah, sebaliknya menaikkannya." ~ John Petitsenn


"Tiada manusia yang berjaya dalam semua yang dilakukannya dan kewujudan kita ini sebenarnya mesti menempuh kegagalan. Yang penting ialah kita tidak menjadi lemah semasa kegagalan itu terjadi dan kekalkan usaha hingga ke akhir hayat." ~ Joseph Conrad



"Kesusahan tidak semuanya seksaan dan yang paling pahit itu bukan semuanya racun. Tetapi adakalanya lebih berguna daripada kesenangan yang terus-menerus."

"Jangan lihat apa yang telah kamu usahakan, tetapi lihatlah apa yang belum kamu selesaikan."

"Orang yang cemerlang melihat setiap halangan sebagai peluang untuk mengasah potensi, manakala orang yang tidak cemerlang menganggap setiap halangan sebagai alasan yang menyebabkan kemundurannya."

"Kejayaan adalah tangga yang tidak dapat anda panjat dengan tangan di dalam poket."

"Merasakan diri lemah adalah titik untuk memajukan diri."

"Hidup yang berguna adalah hidup yang ketika petang membawa suluh untuk menghadapi malam yang akan sampai."

"Jadikanlah masa yang berlalu itu pengalaman dan pengajaran, masa yang sedang berjalan kita isi dengan amalan dan masa hadapan jangan terlalu diangan-angankan."

"Berfikir sebelum berbuat adalah satu kebijaksanaan, berfikir selepas berbuat adalah satu kebodohan, berbuat tanpa berfikir adalah seribu kebodohan."

"Ilmu itu didapati dengan lidah yang gemar bertanya dan akal yang suka berfikir."

"Kita menilai diri sendiri berdasarkan apa yang kita mampu buat, orang lain menilai berdasarkan apa yang telah kita buat."


"Kerana anda dapat mengawal kehidupan anda. Jangan sesekali lupa bahawa anda adalah diri anda setelah pilihan yang anda buat secara sedar atau tidak sedar." ~ Barbara Hall

"Sokong mereka yang kuat, galakkan mereka yang pemalu, ingatkan mereka yang cuai, dan beri amaran kepada mereka yang menentang." ~ Whitney W Young

"Ramai orang yang boleh memiliki jam tangan yang tinggi harganya tetapi tidak ramai boleh menetapi masa yang berharga." ~ Dr. Mahathir Mohamad

"Manusia berharap terlalu banyak tetapi berbuat terlalu sedikit." ~ Allen Tate

"Kegagalan hari Ini beerti pendorong, namun kejayaan semalam bukan beerti kemegahan, oleh itu gantungkanlah cita-citamu setinggi-tinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah-rendah rumput di bumi."

"Manusia yang berhati suci adalah manusia yang banyak menangis daripada ketawa. Didiklah hati dengan keihklasan dan kesucian agar liku-liku kehidupan ini menjadi lebih bermakna dan mengikuti arus perubahan kedewasaan."

"Orang yang bijak mempelajari banyak perkara daripada musuhnya sendiri."

"Terdapat banyak kemungkinan untuk gagal kerana kejayaan hanya boleh dicapai dengan satu perkara iaitu USAHA."

"Jika anda hanya berbuat baik kepada diri sendiri maka anda sebenarnya tidak pernah membuat kebaikan."

"Pengalaman ialah gelaran yang diberikan oleh setiap orang terhadap kesilapan mereka."

"Kebodohan ialah kesilapan bagi seseorang yang mempunyai peluang untuk menjadi pandai."

"Gunakan akal anda seolah-olah nyawa anda bergantung kepadanya."

"Anda tidak akan berjaya menjadi penulis sekiranya anda tidak menjadi pembaca terlebih dahulu."

"Jika anda berhasrat untuk berjaya, jangan hanya memandang ke tangga tetapi belajarlah untuk menaiki tangga tersebut."

"Di mana anda berdiri, di situlah perlumbaan kehidupan anda dan lupakan masa silam."

"Berhati-hatilah dengan kemarahan seorang yang sedang bersabar."

"Tanpa permulaan, anda tidak akan sampai ke mana-mana."

"Adalah lebih baik untuk mengetahui kelemahan & kegagalan sendiri daripada menuding kesalahan kepada pihak lain."

"Setiap malam sebelum tidur,anda perlu menetapkan satu matlamat di dalam minda & menguatkannya dari hari ke hari."

"Jika anda hilang segala-galanya, jangan lupa, kerana anda masih mempunyai masa depan."

"Sesiapa yang tidak pernah merasai kepahitan tidak akan mengenal kemanisan......... "
Terima kasih tuk masih tetap setia...

Inilah poin inti PEMBAHASAN kt kali ini...sdikit KEADILAN ALLAH YA ADL tentang POLIGAMI.

(yg akan kt diskusikan BERSAMA, seiring maraknya berbagai pendapat yg PRO dan KONTRA di luar sana. Karena ADIL itu ada di Niat dan Niat ada pada HATI,maka terlebh dahulu MARI MERAWAT HATI, diawali dari kisah ini).

Ketika orang-orang mendengar bahwa Nabi Muhammad SAW mempunyai banyak istri semasa hidupnya, banyaklah timbul suara-suara yang sumbang kearah Nabi Muhammad SAW.
Padahal, kalau mereka mau menelaah lebih dalam untuk mengetahui apa rahasia dibalik perkawinan Nabi Muhammad SAW, niscaya mereka akan mengerti dan memaklumi adanya bahkan akan memuji kepintaran strategi dari Nabi besar Muhammad SAW, yaitu : “political and social motives”.

Perkawinan pertamanya dengan Khadijah dilakukan ketika dia berumur 25 tahun dan Khadijah berumur 40 tahun. Selama hampir 25 tahuh, Nabi SAW hanya beristrikan Khadijah, sampai Khadijah meninggal dunia diumur 65 tahun (semoga Allah memberkahinya).

Hanya setelah Nabi SAW berumur lebih dair 50 tahun, barulah nabi SAW mulai menikah lagi. Dengan demikian jelaslah bahwa jika memang Nabi SAW hanya mencari kesenangan semata, tentulah tidak perlu beliau menunggu sampai berusia lebih dari 50 tahun, baru menikah lagi. Tapi Nabi Muhammad SAW tetap mencintai Khadijah selama 25 tahun, sampai Khadijah meninggal dunia di usia 65 tahun.


Berikut ini kita tampilkan nama-nama Istri Nabi Muhammad SAW beserta sekilas penjelasannya:

1. Khadijah: Nabi mengawini Khadijah ketika Nabi masih berumur 25 tahun, sedangkan Khadijah sudah berumur 40 tahun. Khadijah sebelumnya sudah menikah 2 kali sebelum menikah dengan Nabi SAW. Suami pertama Khadijah adalah Aby Haleh Al Tamimy dan suami keduanya adalah Oteaq Almakzomy, keduanya sudah meninggal sehingga menyebabkan Khadijah menjadi janda. Lima belas tahun setelah menikah dengan Khadijah, Nabi Muhammad SAW pun diangkat menjadi Nabi, yaitu pada umur 40 tahun. Khadijah meninggal pada tahun 65 tahun,, dimana tahun itu bertepatan dengan Mi’raj nya Nabi Muhammad SAW ke Surga. Nabi SAW sangatlah mencintai Khadija. Sehingga hanya setelah sepeninggalnya Khadijah lah Nabi SAW baru mau menikahi wanita lain.

2. SAWDA BINT ZAM’A: Suami pertamanya adalah Al Sakran Ibn Omro Ibn Abed Shamz, yang meninggal beberapa hari setelah kembali dari Ethiophia. Umur Sawda Bint Zam’a sudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusinya. Inilah sebabnya kenapa Nabi SAW menikahinya.

3. AISHA SIDDIQA: Seorang perempuan bernama Kholeah Bint Hakeem menyarankan agar Nabi SAW mengawini Aisha, putri dari Aby Bakrs, dengan tujuan agar mendekatkan hubungan dengan keluarga Aby Bakr. Waktu itu Aishah sudah bertunangan dengan Jober Ibn Al Moteam Ibn Oday, yang pada saat itu adalah seorang Non-Muslim. Orang-orang di Makkah tidaklah keberatan dengan perkawinan Aishah, karena walaupun masih muda, tapi sudah cukup dewasa untuk mengerti tentang tanggung jawab didalam sebuah perkawinan. Nabi Muhammad SAW bertunangan dulu selama 2 tahun dengan Aishah sebelum kemduian mengawininya. Dan bapaknya Aishah, Abu Bakr pun kemudian menjadi khalifah pertama setelah Nabi SAW meninggal.

4. HAFSAH BINT U’MAR: Hafsah adalah putri dari Umar, khalifah ke dua. Pada mulanya, Umar meminta Usman mengawini anaknya, Hafsah. Tapi Usman menolak karena istrinya baru saja meninggal dan dia belum mau kawin lagi. Umar pun pergi menemui Abu Bakar yang juga menolak untuk mengawini Hafsah. Akhirnya Umar pun mengadu kepada nabi bahwa Usman dan Abu Bakar tidak mau menikahi anaknya. Nabi SAW pun berkata pada Umar bahwa anaknya akan menikah demikian juga Usman akan kawin lagi. Akhirnya, Usman mengawini putri Nabi SAW yiatu Umi Kaltsum, dan Hafsah sendiri kawin dengan Nabi SAW. Hal ini membuat Usman dan Umar gembira.

5. ZAINAB BINT KHUZAYMA: Suaminya meninggal pada perang UHUD, meninggalkan dia yang miskin dengan beberapa orang anak. Dia sudah tua ketika nabi SAW mengawininya. Dia meninggal 3 bulan setelah perkawinan yaitu pada tahun 625 A.D.

6. SALAMA BINT UMAYYA: Suaminya, Abud Allah Abud Al Assad Ibn Al Mogherab, meninggal dunia, sehingga meninggalkan dia dan anak-anaknya dalam keadaan miskin. Dia saat itu berumur 65 tahun. Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya meminta dia mengawini nya, tapi karena sangat cintanya dia pada suaminya, dia menolak. Baru setelah Nabi Muhammad SAW mengawininya dan merawat anak-anaknya, dia bersedia.

7. ZAYNAB BINT JAHSH: Dia adalah putri Bibinya Nabi Muhammad SAW, Umamah binti Abdul Muthalib. Pada awalnya Nabi Muhammad SAW sudah mengatur agar Zaynab mengawini Zayed Ibn Hereathah Al Kalby. Tapi perkawinan ini kandas ndak lama, dan Nabi menerima wahyu bahwa jika mereka bercerai nabi mesti mengawini Zaynab (surat 33:37).

8. JUAYRIYA BINT AL-HARITH: Suami pertamanya adalah Masafeah Ibn Safuan. Nabi Muhammad SAW menghendaki agar kelompok dari Juayreah (Bani Al Mostalaq) masuk Islam. Juayreah menjadi tahanan ketika Islam menang pada perang Al-Mustalaq (Battle of Al-Mustalaq). Bapak Juayreyah datang pada Nabi SAW dan memberikan uang sebagai penebus anaknya, Juayreyah. Nabi SAW pun meminta sang Bapak agar membiarkan Juayreayah untuk memilih. Ketika diberi hak untuk memilih, Juayreyah menyatakan ingin masuk islam dan menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang terakhir. Akhirnya Nabi pun mengawininya, dan Bani Almustalaq pun masuk islam.

9. SAFIYYA BINT HUYAYY: Dia adalah dari kelompok Jahudi Bani Nadir. Dia sudah menikah dua kali sebelumnya, dan kemudian menikahi Nabi SAW. Cerita nya cukup menarik, mungkin Insha Allah disampaikan terpisah.

10. UMMU HABIBA BINT SUFYAN: Suami pertamanya adalah Aubed Allah Jahish. Dia adalah anak dari Bibi Rasulullah SAW. Aubed Allah meninggak di Ethiopia. Raja Ethiopia pun mengatur perkawinan dengan Nabi SAW. Dia sebenarnya menikah dengan nabi SAW pada 1 AH, tapi baru pada 7 A.H pindah dan tinggal bersama Nabi SAW di Madina, ketika nabi 60 tahun dan dia 35 tahun.

11. MAYMUNA BINT AL-HARITH: Dia masih berumur 36 tahun ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW yang sudah 60 tahun. Suami pertamanya adalah Abu Rahma Ibn Abed Alzey. Ketika Nabi SAW membuka Makkah di tahun 630 A.D, dia datang menemui Nabi SAW, masuk Islam dan meminta agar Rasullullah mengawininya. Akibatnya, banyaklah orang Makkah merasa terdorong untuk merima Islam dan nabi SAW.

12. MARIA AL-QABTIYYA: Dia awalnya adalah orang yang membantu menangani permasalahan dirumah Rasullullah yang dikirim oleh Raja Mesir. Dia sempat melahirkan seorang anak yang diberi nama Ibrahim. Ibrahim akhirnya meninggal pada umur 18 bulan. Tiga tahun setelah menikah, Nabi SAW meninggal dunia, dan akhirnya meninggal 5 tahun kemudian, tahun 16 A.H. Waktu itu, Umar bin Khatab yang menjadi Iman sholat Jenazahnya, dan kemudian dimakamkan di Al-Baqi.

Kmi menunggu komentar Sahabat2 ku,dari segi ilmu pengehtahuna.religi dll,agar nantinya dapat kmi rangkum sebagai PESAN MERAWAT HATI 14 (jilid 3)

Sahabat2 ku TerKasih yg Mulia Hatinya…

Sebagai PENUTUP Kmi menitipkan salam kpd orang tua, saudara,sahabat serta keluarga anda. Semoga dengan pengetahuan sedikit mengenai KEADILAN, kt semua mampu menghimpun apa yg terserak dari masing-masing diri kt untuk membentuk KEMULIAAN yg jauh lebih baik dalam melewati hari-hari kedepan. AMIEN YA MUJIB’.

Mohon MAAF jk ada kesalahan tutur kata pribadi kmi dalam menafsirkan makna KEADILAN itu sendiri,jika ada KEBENARAN itu milik dan datangnya dari ALLAH semata.

Salam Kasih dan sampai jumpa

14 November 2009 (Mencoba bersikap ADIL)

Sahabatmu,Alhamdulillahi Rabbulalamin,Allahummashalli Ala Muhammad


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Kembali kita berjumpa pada kesempatan kali ini di PESAN yang ke 14 dari GRUP MERAWAT HATI. Kmi berharap semoga PESAN-PESAN sebelumnya benar-benar punya Manfaat tuk MERAWAT HATI kita semua terlebih pd pribadi kmi. AMIEN.. .Kmi juga mengucapkan SELAMAT BERGABUNG kpd semua sahabat2 yg baru, semoga ukhuwah kt semua dlm GRUP ini dapat membewa berkah dunia-akherat. AMIEN…


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Seperti pada PESAN-PESAN sebelumnya, kembali pada kesempatan kali ini kt akan berbicara tentang ASMAUL HUSNA, yaitu sedikit tentang Sifat ALLAH YA ADL YANG MA1HA ADIL.

(Dgn Penuh Hormat kmi meminta kpd MEMBERS agar PESAN ini dibaca sampai selesai hingga jilid 2 krn intinya ada pada bagian2 akhir) TrmKsh.


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Ketika seseorang meminta, entah anda,saya atau kita semua maka PASTI lah kita akan meminta dengan cara yang kita miliki masing2. Lalu pernahah kt berfikir ALLAH sebagai tempat kt meminta tidak sama dengan kita. Tentu saja PASTI cara ALLAH membalas juga berbeda dengan apa yang kt meminta. Permintaan kt akan tetap dibalas TAPI dengan cara yang berbeda.

Kt semua meminta dengan cara kt dan ALLAH akan membalas dgn caraNya sendiri (JELAS BEDA).



Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Mungkin sampai sini terkadang kt merasa tdk adil, diperlakukan tidak seimbang oleh HIDUP, bahkan berprasangka “kurang baik kpd ALLAH”. Itu fitrah kok sebagai manusia kt memang selalu diberi 2 pilihan ketika berada dalam 1 masalah.

Dan RASA TIDAK ADIL yang kt smua rasakan adalah bagian dari PILIHAN itu.


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Kenapa RASA TIDAK ADIL itu muncul pd kt??? Karena kt terlalu cepat membuat Kesimpulan tanpa mau memandang ke sisi yang lain, seperti cepatnya kesimpulan yg kt buat saat mengatakan, “SAYA MALAS KELUAR RUMAH BILA LANGIT MENDUNG, KARENA AKAN TURUN HUJAN” padahal BELUM TENTU. Nanti setelah HUJAN tdk TURUN barulah kt SADAR,” Kenapa TIDAK KELUAR SAJA TADI?”

Skali lagi kmi katakan ini FITRAH dan BAIK.

Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Sampai sini kalimat yg mengatakan bahwa “Penyesalan selalu ada dibelakang” adalah kata Kunci pd KETIDAK ADILAN yg kt rasakan.

Itu juga FITRAH dan BAIK, dari pada kt tdk pernah MENYESAL SAMA SEKALI.

Lalu bagaimana jika kmi mengajak Sahabat2ku semua tuk menghadirkan “PENYESALAN itu DI DEPAN”. Bahwa kt akan MENYESAL kalau tidak keluar biarpun langit MENDUNG,krn BELUM TENTU HUJAN. Kalaupun HUJAN kt sdh mempersiapkan JAS HUJAN,PAYUNG&perlengkapan lainnnya sebelum berangkat tadi. Agar tak ada lagi kata “MENYESAL DIBELAKANG”. Bahwa kita akan MENYESAL krn berprasangka “kurang baik kpd ALLAH” ats apa yg menimpa kt, padahal dgn PENYESALAN itu MASALAH kt TETAP TIDAK AKAN BERUBAH !!! Malah akan Menambah BEBAN yg HARUS kt tanggung, yaitu MASALAH itu sendiri dan RASA PENYESALAN yang terus menghantui dibelakang.


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Jika tadi kmi katakan bahwa “PENYESALAN yg datang belakangan itu FITRAH dan BAIK” maka sekarang kmi bandingkan dgn kata “MENYESAL lah pada AWALnya sebelum kt berbuat jd tdk ada lagi PENYESALAN dibelakang.

MENYESAL diawal itu berarti kt telah tau AKIBAT yg akan kt tanggung dari PILIHAN kt dan telah mempersiapkan CARA agar AKIBAT itu tdk terlalu berpengaruh pd kt jk memang BENAR2 menimpa kita. (seperti cont.Jas Hujan, Payung dll tadi).

Dan ini juga FITRAH serta LEBIH BAIK.
Lalu jk kita semua BISA LEBIH BAIK mengapa hanya MEMILIH yg BAIK???

Maka MENYESAL lah sebelum berbuat atau dalam bahasa AL-QURAN sering dikatakan MUHASABAH di awal perbuatan.

Skali lagi ini FITRAH serta LEBIH BAIK.
Lalu jk kita semua BISA LEBIH BAIK mengapa hanya MEMILIH yg BAIK???.


Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…

Sepert i yg telah kmi katakan tadi,kt semua meminta dgn CARA kt dan ALLAH akan memberi dgn CARA Nya. Dan sudah tentu Keadilan ALLAH itu tidak lah seperti KEADILAN pada defenisi Mahluk. Mungkin kita semua katakan bahwa ADIL itu sama banyak,sama besar,sama tinggi,sama nilai dll sesuai defenisi kt, tetapi TIDAK !!! KEADILAN ALLAH tdklah begitu.

Pernahkah anda mendengar seseorang yg berkata “Semua akan Indah pd waktunya”???, sesungguhnya orang itu telah menggambarkan sedikit dari LUASNYA defenisi KEADILAN ALLAH. Yg tidak dirasakan saat kt meminta tetapi beberapa waktu setelah kt meminta. Entah waktu yg diperlukan 1 hari, 1 minggu, 1 tahun dst,

Sampai anda BENAR2 SIAP, sampai anda BENAR2 BUTUH, bukan saat anda MENGINGINKANNYA.

Itulah sedikit defenisi KEADILAN ALLAH YA ADL, yg kmi dapatkan sampai sini bahwa, “ADIL itu bukan sama banyak,sama tinggi,sama nilai dll, TETAPI ADIL itu ialah menempatkan SESUATU pada tempatnya,sesuai potensi kelebihan dan kekurangannya”.

Sahabat2 ku yg Mulia Hatinya…
Sampai sini kita bersambung ke PESAN MERAWAT HATI 14 (jilid 2)
Terima Kasih tuk tetap Setia Menyimak...

2 komentar:

Berbicaralah dan menulislah,dengan semua pengindahan yang bisa Anda upayakan. Memang kita tidak tahu siapa yang akan membaca keindahan hati dan pikiran Kita, Tetapi yakinlah, bahwa Tuhan telah mendengar dan membaca keindahan hati dan pikiran Kita. Silahkan komentar..!!!!